Saturday, March 24, 2012

Tips Mudah Merawat Batik

Perawatan batik yang istimewa sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah. Hanya mengikuti sedikit tips serta langkah-langkah berikut ini, dan anda pun akan menjadi cukup ahli di dalamnya. Berikut tips singkat yang bisa dilakukan :

1. Hindari penjemuran batik langsung di bawah sinar matahari, kare
na hal ini akan membuat warna batik menjadi pudar.

2. Hindari memeras kain batik, hal ini akan membuat kain batik kusut walau sudah diseterika.

3. Cuci batik anda HANYA dengan sari buah lerak, bahan kimia pabrik apapun akan membuat kain batik anda memudar. Lerak dapat menguatkan warna pada batik. Lerak bisa didapatkan di pasar – pasar tradisional dengan harga yang relatif murah.

4. Apabila batik tidak begitu kotor (misalkan saja baru dipakai sebentar), sebaiknya tidak perlu dicuci, cukup di angin – anginkan atau dijemur di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung.

5. Untuk mencuci rendam batik selama 5 menit dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit lerak, kemudian kucek dengan lembut pada bagian yang kotor. Bilas batik anda lalu gantung pada hanger yang tebal. Jemur serta angin-anginkan batik di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung.

6. Seterika dengan panas yang rendah. Apabila kain batik sudah cukup kering, setrika dengan panas yang rendah. Akan lebih baik bila proses penyetrikaan dialasi dengan kain yang tipis.

Perawatan batik yang khusus mempunyai ciri khasnya tersendiri. Batik dengan perpaduan warna sedemikian indah dibentuk melalui proses pewarnaan malam yang sangat rumit. Hal ini menuntut cara perawatan yang agak berbeda dibandingkan dengan kain-kain yang lain. Dengan merawat batik secara baik, berarti kita sudah memberikan penghargaan terhadap proses pembuatan batik itu sendiri. Pembuatan batik yang melalui beberapa tahap dan dilakukan secara manual atau handmade (tidak dengan mesin, seperti tekstil lain). Dan apabila batik dirawat secara baik dan benar, konon akan membangun hubungan emosional yang kuat antara kain batik dan pemiliknya.

Sungguh mudah. Semoga tips ini dapat membantu anda untuk bisa mencuci batik dengan baik dan benar. Produk istimewa memang pantas dirawat dengan cara istimewa ;)

sumber

No comments:

Post a Comment