Sunday, March 18, 2012

Burjo dan Yogyakarta

Yogyakarta memang menyimpan banyak keistimewaan.Selain sebagai kota yang kaya akan budaya, kota Yogyakarta juga lekat dengan identitasnya sebagai kota pelajar.

Banyaknya jumlah mahasiswa yang menempuh pendidikan di Yogyakarta tak pelak memberikan dampak yang signifikan terhadap keberadaan warung makan di kota pelajar ini. Fenomena yang banyak dijumpai di masyarakat saat ini adalah keberadaan warung bubur kacang ijo atau yang lebih dikenal dengan burjo.

Keberadaan warung burjo ini menjadi salah satu keistimewaan bagi mahasiswa di Yogyakarta.Harganya sangat terjangkau bagi kalangan mahasiswa yang sebagian besar berasal dari luar kota Yogyakarta. Daya tarik itulah yang membuat warung burjo digemari oleh kalangan mahasiswa.

Harga dari setiap menu yang disediakan oleh warung makan burjo memang memiliki harga yang murah, tetapi apabila kita perhatikan lebih jauh kandungan gizi dari makanan yang telah disediakan tersebut kurang mencukupi untuk mahasiswa. Padahal sebagai seorang pelajar, mahasiswa memerlukan makanan dengan kandungan gizi yang baik agar mampu mengoptimalkan daya belajarnya setiap saat.

Namun, sepertinya kesadaran akan gizi di kalangan mahasiswa banyak dikesampingkan dengan alasan biaya. Semoga, dengan informasi ini, mahasiswa sadar dan mulai mengubah menu makanannya menjadi lebih bergizi.

No comments:

Post a Comment