Saturday, September 5, 2015

Berkunjung ke Makam Pahlawan Kuusumanegaara.

Belum pernah saya sebelumnya ke makam pahlawan, saya memutuskan bersama teman2 untuk berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Yogyakarta pada hari minggu, tanggal 30 Agustus 2015. Dalam kunjungan ini, saya, Haidir dan Salim mendatangi ke makam Jenderal Sudirman dan para pahlawan lain untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur dalam meperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.



Tujuan kami untuk mengunjungi taman makam pahlawan selain untuk mendoakan juga untuk mengingat jasa para pahlawan dan meningkatkan  rasa nasionalisme dalam diri. Dalam kesempatan ini, kami menyempatkun untuk mengunjungi beberapa makam yang membuat kami merenungkan kembali apa terjadi saat para pahlawan berjuang.

Makam Soemarmono
Soemarmo merupan pelajar yang ikut mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dalam kesatuan Militer yang disebut Tentara Genie Pelajar. Makam itu membuat kami merenungkan kembali  betapa keras tekad pelajar sewaktu itu untuk ikut berjuang dibandingkan dengan pelajar saat ini.
Hal yang kembali kami renungkan yaitu saat puluhan makam dengan tanggal gugur yang sama. Betapa banyak nyawa yang terenggut dalam memperjuangkan kemerdekaan dalam 1 hari. Mereka tidak takut mati untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

No comments:

Post a Comment