Friday, May 3, 2013

10 Universitas ICT Terbaik di Indonesia

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/a/a1/Gedung_1_Amikom.jpgVIVAnews - Kini penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah banyak diaplikasikan di berbagai sektor kehidupan, termasuk di lingkungan akademis. Untuk lebih meningkatkan penggunaan TIK di Indonesia, saat ini ada penghargaan khusus bagi perguruan tinggi yang aktif menggunakan TIK dalam kegiatan akademisnya.

Penghargaan yang diberi nama Telkom Smart Campus Award (TeSCA) adalah salah satu upaya PT Telkom Indonesia mendorong perguruan tinggi meningkatkan kualitasnya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam praktik belajar-mengajar di kampus.


Penghargaan ini telah menilai 551 perguruan tinggi yang ada di 26 provinsi di Indonesia. Menurut Arief Yahya, Direktur Utama Telkom Indonesia, sudah seyogyanya semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki jaringan Internet. Pemanfaatan teknologi ini yang nantinya akan mendukung percepatan TIK di Tanah Air.

Penilaian yang dilakukan oleh TeSCA mencakup konektivitas Internet, aplikasi, sharing jurnal, metode pengajaran dosen, kebijakan kampus, efisiensi penggunaan perangkat teknologi, partisipasi perguruan tinggi dalam sistem pendidikan Indonesia, dan lainnya.

Berikut hasil peringkat TeSCA tahun 2013 untuk kategori nasional:

1. Universitas Indonesia
2. Universitas Gunadarma
3. Institut Teknologi Bandung
4. Universitas Padjajaran
5. Universitas Airlangga
6. STMIK AMIKOM Yogyakarta
7. Universitas Bina Nusantara
8. Universitas Komputer Indonesia
9. Universitas Gajah Mada
10. Universitas Kristen Duta Wacana


No comments:

Post a Comment